Wednesday, July 1, 2009

Hujan




Hujan


Satu fenomena alam yang tak pernah bosan untuk saya nikmati adalah hujan. Klasik mungkin, karena juga bukan hanya saya yang menyukai hujan. Tak juga bisa dikatakan “Rainy Holic” namun entah mengapa peristiwa hujan selalu saja bisa membuat catatan tersendiri dalam hati. Setiap kali rintik dan tetesan airnya turun menyentuh bumi setiap kali pula mampu membuyarkan konsentrasi saya dan akan mengalihkan perhatian padanya meski hanya sekilas.


Bagi saya setiap ciptaanNYA adalah stasiun-stasiun pemberhentian tempat mengambil pelajaran. Demikian juga hujan, ia adalah ruang yang Tuhan berikan untuk berfikir, merenung, dan menempa diri. Hujan adalah nikmat yang luar biasa bagi setiap manusia, karena ia penyokong keseimbangan hidup dibumi. Banyak makna yang saya dapat dari kehadirannya


Kadang dengan hujanlah IA mengembalikan kesadaran saya. Saat tetesan air itu berubah menjadi aliran yang menggenang jalanan hingga akhirnya ia kan menguap dan menghilang. Begitulah ketidakkekalan, semuanya kan musnah dan apapun yang dicintai pasti kan berpisah jua dengannya. Harta, kemewahan, seseorang, paras tampan maupun cantik, semuanya tak abadi.



Itulah salah satu keunikan pelajaran hujan yang saya temui. Mengajari kita untuk tidak mencintai yang fana dengan rasa lebih. Karena apabila kehendakNya tiba tak satupun dapat menghalanginya.




0 komentar: