Tuesday, February 14, 2012

Memaafkan Tanpa Syarat Apapun




Sudah katakan maap kepada orang yang telah kau lukai?

Orang-orang yang kau sakiti di masa lampau maupun mereka yang sedang bersamamu kini. Karna kau tak pernah tahu di hati mana yang masih menyelip sedih oleh sikap dan katamu.

Sudah memaafkan orang lain, siapapun?

pada wajah yang darinya kau dapat kan luka. Pada sikap yang darinya kau temui rasa ketidaknyamanan dan rasa sakit sekecil apapun bahkan pada kesalahan yang tiap kali kau mengenangnya kejanggalan itu masih terasa.

Duhai, perempuan…
Betapa kau perlu banyak belajar dari si Badui, yang dikabarkan sampai tiga kali oleh Rasulullah kepada para sahabat bahwa si Badui sebagai penghuni syurga hingga membuat seorang sahabat berkeinginan kuat bermalam dirumahnya.  Lalu pada akhirnya Badui itu pun membuka rahasia dan berkata, “Wahai tuan! Saya punya kebiasaan setiap malam sebelum tidur, saya berdo’a : Ya Allah siapa saja orang yang pernah menyakiti atau mendzalimi saya, Ampunilah dia Ya Allah! Saya ikhlas Ya Allah bukankah Engkau Maha Pengampun dan Penyayang. Sedikitpun saya tidak punya rasa sakit hati, dendam atau hasud kepada siapapun.”

Lihatlah..keikhlasan dan kesyukurannya jauh lebih berharga.

Sudahkah memaaf kan dirimu sendiri?

agar dirimu mempunyai kekuatan hati untuk menjauhi dosa-dosa, meski dengan tertatih. Agar tidak memperberat kecemasanmu melangkahkan kaki dan agar kala terjaga dan saat terlelap kau dapatkan perlindungan serta pelukan hangat kasih sayangNya.

Berlapang dadalah untuk meminta maaf dan memaafkan…
sebab kadangkala luka akan sembuh, namun belum tentu ia kan hilang. Berjanji untuk memaafkan siapa saja dan apa saja, termasuk dirimu sendiri.

Memaafkan tanpa syarat apapun, Vitha…

Dariku, dirimu sendiri.
#awal pagi di hari februari
VCY, sisiungu.

2 komentar:

thekupu said...

Betul kak, luka bisa sembuh, tapi kenangan yang tergores takkan bisa benar-benar hilang..

aaah jadi teringat sape2 yg pernah dini sakiti. Udah minta maap sih, smogaaa mereka memaapkan dini. Aamiin.

btw kalo dini ade salah kate salah gaye same kk, mohon dimaapin eaa hehe..

sisiungu said...

amiin :)

iye, same2 ya Din, maapin kk juga ^^