Tuesday, April 17, 2012

Buku-buku Baruku


Dalam beberapa hari ini apa saja yang membuat hatimu bahagia? J Sedikit cerita, salah satu hal yang membuat saya bahagia adalah bertambahnya buku bacaan atau lebih khusus ada informasi baru yang saya peroleh dari buku.  

Ahad, beberapa waktu lalu (15/04) saya, Umi saya, dan dua orang sahabat baik jalan-jalan ke Gramedia. Agenda ini adalah sebuah usulan dari Umi. Karena kami sama-sama suka baca jadi semua kompak menyetujui. Dan yang bikin asyiknya lagi, di Gramedia Pontianak masih menjual buku-buku obral. Yah, walaupun menurut saya buku-buku tersebut tidak semuanya bagus atau sesuai selera, he J. Puluhan buku obral edisi lama itu ditumpuk di atas dua meja yang bersejajar namun tak menyatu.

Akhir bulan lalu sebenarnya saya sudah membeli majalah dan buku obral di Gramedia. Majalah tersebut yaitu National Geographic (Indonesia) dan sebuah buku berjudul Petunjuk Menjadi Keluarga Bahagia. Dari judul yang saya sebutkan terakhir tentu bisa menebak bahwa buku ini sejenis buku parenting J Soalnya ketika saya memilah-milah, majalah dan buku ini yang paling menarik untuk dibawa pulang.


Dalam National Geographic ada sedikit kisah tentang masyarakat Hazara Afghanistan. Jika pernah membaca novel atau menonton film The Kite Runner akan sedikit nyambung dengan bacaan ini. Sedang Petunjuk Menjadi Keluarga Bahagia yang membuatnya menarik adalah penyajian dengan cerita metafor hewan (fabel) yang menyertainya, lalu menghubungkan prinsip-prinsip insting hewan tersebut dalam kehidupan sehingga mudah untuk diingat.

Kembali ke agenda jalan-jalan kami berempat ahad sore ke Gramedia. Lagi-lagi saya membeli buku obral, hehe. Senang aja bisa dapat buku murah dengan kualitas isi yang bagus. Lagi-lagi juga, saya membeli sebuah buku parenting yaitu Menjadi Orang Tua Efektif dan dengan alasan yang sama, buku itu pun satu-satunya paling menarik dalam pandangan saya.


Kalau saya sudah menyebutkan 3 buah bacaan baru yang kini nyelip di antara susunan buku-buku di rumah. Ada lagi 2 buah new book yang juga menemani saya. Kali ini berbeda karena bukan termasuk buku obral (hehe) yaitu Ekspresi Cinta Untuk SBY, buku dari Proyek Nulis Buku Bareng tulisan saya dan teman-teman yang baru-baru ini terbit. Biodata bukunya di sini.

Kemudian berikutnya lagi Wanita Karir (Profesi Wanita di Ruang Publik yang Boleh dan yang dilarang dalam Fiqih Islam). Ada teman yang telah berbaik hati memberikannya pada saya :). Sebuah buku terjemahan dengan judul asli “Hukmu ‘Amalil Mar’ah fil Fiqhil Islami” penulisnya Adnan bin Dhaifullah Alu Asy-Syawabikah terbitan Ad-Daar al-Atsariyah yang bertempat di Amman (Yordania).


Finally, hitung-menghitung semua buku, kali ini menambah 5 bacaan baru yang sedang menunggu antrian untuk diselesaikan halaman-halamannya. Semoga saja diantaranya suatu hari dapat saya resensi :)

#april
VCY, sisiungu

3 komentar:

diniehz said...

Wuiiih banyak bukunyaaaa. Yang petunjuk menjadi keluarga bahagia keren tuh kayaknye. Ade metafor kupukupunye ndak ye? Hehehe.

Dini juga suka beli buku obralan kak, waktu ke gramed bandug, passss lagi ade obral buku mizan. Sampai sekarang masih ada beberapa buku yang belom dibaca (doh)

itulah salah satu sisi tidak terpuji dini. Rajin beli buku tapi masih malas membaca huwaaaa (cry)

sisiungu said...

alhamdulillah tapi belom semuanya selesai dibaca :)
Kalo thekupu ndak ade hehe..

hayoo dibacabaca ^_^

Millati Indah said...

Enaknya yang bisa ke Gramedia.. Jadi kangen nongkrong di Gramedia, numpang baca gratis :D