Thursday, August 13, 2009

Ajari Saya Tersenyum


Ajari Saya Tersenyum


“Kini aku telah melupakan bagaimana tersenyum dengan hati. Ada yang bisa ajari aku?” bunyi kalimat dari status seorang teman yang saya baca dari facebook.. Jujur, saya juga pernah bertanya akan hal itu pada diri saya sendiri ketika dalam keadaan bosan, jenuh yang berlipat, atau saat hati merasa tak nyaman.

Tergelitik hati untuk mengomentari statusnya meski dari beberapa hari kemarin saya menemukan titik jemu dengan yang namanya facebook. Saya katakan padanya “ Berbagilah kebahagiaan dengan orang lain. Namun ia kembali bertanya “ Bagaimana berbagi kebahagiaan dengan orang lain? Saya juga sudah lupa”
“ Berikan sesuatu pada orang lain jika ia menerima pemberianmu dengan tersenyum maka balaslah dengan senyummu yang paling tulus” tambah saya.

Inilah salah satu cara yang saya pahami yaitu dengan memberikan kebahagiaan pada orang lain. Saat itu kita akan menemukan kembali senyum yang pernah hilang. Berbagi membuat hati bahagia karena disanalah kita menemukan bentuk kemanfaatan dari diri kita.

Kemudian saya berlatih untuk banyak- banyak tersenyum ketika pikiran mumet dan suntuk menyerang. Memaksa menarik otot sisi kiri dan kanan bibir secukupnya untuk menciptakan sebuah lengkung. Awalnya memang merasa agak susah, butuh kelapangan hati namun ketika senyum itu “sudah jadi” hembusan rasa bahagia dari dalam hati saya rasakan dan perlahan suasana hati terasa ringan. Yah, semoga dihari-hari berikutnya kita tak lupa lagi cara tersenyum dengan hati, khususnya saya.

0 komentar: