Saturday, November 21, 2009

Kiamat 2012? I don't care...


Kiamat 2012? I don't care


Berawal dari seorang teman yang bertanya pada saya “ Bener gak sih kiamat akan terjadi di tahun 2012? Percaya gak?? Dalam pikiran saya mungkin ini adalah jenis Ghozwul Fikri (Perang Pemikiran). Kiamat 2012 adalah hiruk-pikuk yang menghadirkan tanda tanya. Bagaimana dengan kiamat yang sebenarnya? Tentu saja lebih dahsyat, lebih besar, dan lebih mengerikan. Dan Alquran banyak menyebutkan tentang kejadian di hari kiamat. Terjadinya kiamat adalah hal yang gaib. Hanya Allah saja yang tahu. Tidak satu pun dari makhlukNya mengetahui kapan kiamat, baik para nabi maupun malaikat. Allah SWT. Berfirman, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” (Qs. Luqman: 34).


Allah merahasiakan terjadinya hari kiamat, dan menerangkan bahwa kiamat akan datang secara tiba-tiba. “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.” (Al-A’raaf: 187)



Mempercayai kiamat adalah keniscayaan. Bagi kita, kiamat adalah wilayah Tuhan. Kapan terjadinya kiamat adalah hak prerogatif Tuhan untuk menentukan waktunya. Entah 2012, seratus tahun lagi atau beribu-ribu tahun lagi, kiamat pasti terjadi. Kelak akan ada kiamat besar dimana kita memang harus bersiap menghadapinya. Tak peduli kapan kiamat itu, semoga terus berusaha meluruskan syahadat. Entah kapan pun kiamat itu, semoga kita akan mempersiapkannya dengan membangun kesalehan.

0 komentar: