Wednesday, November 24, 2010

Sampai kapanpun tak boleh berhenti belajar…




 “Books open your mind, broaden your mind, and strengthen you as nothing else can” (William Feather)

Aku lagi bosan. Bosan dengan semua buku yang tersusun rapi di rak sudut kamar. Semua dengan daftar buku yang masih sama, tak ada penambahan. Aku pun sudah lupa hari terakhir saat membeli buku.  Yang kuingat kira-kira lebih dari setahun ini tak pernah lagi membeli. Sudah berkali-kali kubaca lembaran Laskar Pelangi sebelum tidur, hingga membuat diri ingat beberapa kekonyolan sekawanan murid SD Muhammadiyah terlebih keunikan Mahar, tokoh yang paling kukagumi dalam novel tersebut. Beberapakali kubaca empat Jurnal Perempuan meski terkadang hanya membolak-balik halaman, begitupun juga dengan kamus bahasa inggris maupun Indonesia untuk menambah perbendaharaan kata, juga sedikit buku motivasi dan ditambah dengan buku-buku peneguh ruhiyah.


Ada yang hilang dari kebiasaan yang kulakukan. Dulu setiap bulannya ada saja buku baru meski hanya sebuah “mini book”. Dan kini belum ada satupun buku baru yang kuselip diantara buku-buku lama di rak tersebut. Sebenarnya ada juga sih, cuma  buku-buku baru dari pemberian teman-teman bukan aku sendiri yang membelinya. Kalau permasalahannya uang, hanya sebuah alasan klise kurasa, toh sebenarnya aku tetap bisa menabung sedikit demi sedikit untuk mengalokasikan dana pembelian buku. Tapi ternyata yang hilang itu adalah semangat membaca yang tak "segigih" dulu hingga membuatku merasa seperti air yang tergenang, tak mengalir. 


Akhirnya, tiba-tiba saja aku merasa begitu bodoh. Kemudian kuluangkan waktu untuk merefresh otak. Aku pun asyik berlayar di dunia maya, mendownload berbagai ebook dan karya-karya sastra , membaca berbagai informasi meski kadang lewat hape, lalu kuburu juga resep-resep masakan. Aku menemukan kepuasan tersendiri. Sampai kapanpun tak boleh berhenti belajar . Setidaknya ini adalah jalan untuk memperkaya diri dengan harta yang membuat tunduk hati.


Hi, do you want give me a Book?! ^^

2 komentar:

Catatan Cahaya said...

BENAR bgd tuh setuju daku...


salam kenal yah mbak!! by amiee

Sisi Ungu said...

iya, salam kenal :)